MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR MENYUSUN KISI-KISI SOAL MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI GUGUS SULTHAN THAHA KOTA MUARA BULIAN

  • Umar Ishak Pengawas SD Kecamatan Muara Bulian

Abstract

Artikel ini bermaksud untuk memperoleh bukti empiris tentang peningkatan kemampuan guru sekolah dasar menyusun Kisi-kisi Soal di Gugus Sulthan Thaha Kota Muara Bulian melalui tindakan diskusi kelompok. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan, jarak antar siklus dua minggu, yang diikuti oleh sepuluh orang guru sebagai subyek penelitian, di mana setiap siklus dilakukan selama enam jam pembelajaran (satu jam pembelajaran @ 45 menit).  Data kemampuan guru menyusun Kisi-kisi Soal dikumpulkan, dinilai, dan dicatat secara terus menerus, ditabulasi secara marginal pada setiap siklus. Dari hasil analisis data menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Kisi-kisi Soal dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II naik sebesar 7 atau 8%, yaitu dari 83 menjadi 90. Pada siklus I hanya 6 orang atau 60% peserta yang dinyatakan kompeten menyusun Kisi-kisi Soal, sedangkan pada siklus II sebanyak 9 orang atau 90% peserta dikategorikan kompeten menyusun Kisi-kisi Soal. Angka tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian, yaitu minimal 85% peserta dinyatakan kompeten menyusun Kisi-kisi Soal. Dengan demikian, teknik supervisi yang dikembangkan melalui diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Kisi-kisi Soal di Gugus Sulthan Thaha Kota Muara Bulian.


ABSTRACT


This article intends to obtain empirical evidence about improving the ability of primary school teachers to form Problem Lattices in the Sulthan Thaha Cluster in Muara Bulian City through group discussions. The study was conducted in two cycles, each cycle two meetings, the distance between two-week cycles, followed by ten teachers as research subjects, where each cycle was carried out for six hours of learning (one hour of learning @ 45 minutes). Data on the teacher's ability to compile the Problem Grid are collected, assessed, and recorded continuously, tabulated marginally in each cycle. From the results of data analysis shows that there is an increase in the ability of the teacher in compiling the Problem Grid from cycle I to cycle II. The average value of cycle I to cycle II increased by 7 or 8%, from 83 to 90. In the first cycle, only 6 people or 60% of participants were declared competent in preparing Problem Lattice, while in cycle II there were 9 people or 90% of participants are categorized as competent in composing a Problem Grid. This number has met the indicator of research success, that is at least 85% of participants are declared competent in preparing the Problem Grid. Thus, supervision techniques developed through group discussions can improve the teacher's ability to compile a Problem Lattice in the Sulthan Thaha Cluster in Muara Bulian City.

References

Arikunto S, Suhardjono, dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Daryanto dan Rahmawati T. 2015. Supervisi Pembelajaran. Malang: Grava Media.
Hamalik. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Kemdikbud. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur dan Perbukuan
Mulyana E. 2007. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajarun Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suparlan. 2007. Diskusi: Metode Mengajar untuk Mengasah Otak, Bukan Otot dan untuk Mengembangkan Sikap Saling Menghormati, Bukan Menang Sendiri. http://www.suparlan.com
Uno H.B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Malang: Nuha Litera.
Published
2019-03-01
How to Cite
ISHAK, Umar. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR MENYUSUN KISI-KISI SOAL MELALUI DISKUSI KELOMPOK DI GUGUS SULTHAN THAHA KOTA MUARA BULIAN. Jurnal At-Tasyrih, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-16, mar. 2019. ISSN 2461-0410. Available at: <http://ejournal.stai-muarabulian.ac.id/index.php/Attasyrih/article/view/128>. Date accessed: 17 july 2019.