MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR

  • J.M. Eka Fitrianda STAI Ma'arif Sarolangun

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah  satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. Pembelajaran multimedia interaktif adalah proses pembelajaran menggunakan media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media, terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi, dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Pembelajaran multimedia berguna untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran perasaan, perhatian dan kemauan belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali. Demi  menciptakan interaksi edukatif antara pengajar dan peserta didik, agar tercapainya tujuan pembelajaran dengan tidak mengesampingkan aspek emosional peserta didik yang lebih cepat merasa bosan dengan proses pembelajaran yang monoton dan tanpa adanya motivasi yang menumbuhkan kreatifitas mereka dalam pembelajaran, maka perlu adanya sebuah konsep gagasan yang dapat dijadikan sebagai acuan dasar untuk membangun proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan. Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan bentuk  pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dengan menggunakan pembelajaran multimedia interaktif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta,2009
Arsyad Azhar. Media Pembelajaran.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada,2009
Budiningsih.A. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Collemen Dowling Jennifer. Multimedia.USA: McGraw-Hill,2012
Courtney Uram,Diane Wilcox,Jane Thall. Design and Implementation of Educational Games: Theoritical and Practical Perspectives. New York; IGI Global,2010
Danim Sudarwan. Perkembangan Peserta Didik.Bandung: Alfabeta, 2010
Darmadi Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar ; Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta,2009
Darmawan Deni. Tekhnologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya,2012
Darmawan Deni. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Heinich, Molenda, Russel, Smaldino. Instructional Media and Technology for Learning. New Jersey: Prentice Hall inc,2006
Irene Cheng.Multimedia in Education:Adaptive Learning and Testing (USA:World Scientific Publishing,2010
Ivers Karen S dan Baron Ann. Multimedia Projects In Education;Designing Producting and Assesing. America:Greenwood Publishing Group,2006
Majid Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya,2014
Meyer Richard E. Multimedia Learning; Second Edition. New York :Cambridge University Press,2012
Miarso Yusufhadi. Menyemai Benih Tekhnologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group,2007
Mishra Sanjaya dan Sharma Ramesh C. Interactive Multimedia in Education and Training. America: Idea Group Publishing,2005
Mukhtar dan Iskandar. Design Berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: GP Press,2010
Mulyasa E. Menjadi Guru Professional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya,2011
Munadi Yudi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP.Press, 2012
Munir. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: alfabeta,2012
Nasution. Tekhnologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara,2011
Sadiman Arief. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo Persada, 2007
Sanjaya Wina. Strategi Pembelajaran;Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011
Suprijono Agus. Cooperative Learning:Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2012
Vaughan Tay. Multimedia; Making it Work. America: McGraw-Hill,2011
Wena Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer:Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.Jakarta:Bumi Aksara,2011
Wibowo Hari. Pengantar Teori-teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media,2012
Woolfolk Anita,terj.,Educational Psychology;Bagian Pertama. Yogyakarata: Pustaka Pelajar,2009
Wynants Marleen dan Cornelis Jan. How Open is the Future. California:VUB Brussels University Press,2005
Yamin Martinis. Orientasi Baru Ilmu Pendidikan.Jakarta:GP.Press,2011
Published
2019-03-01
How to Cite
FITRIANDA, J.M. Eka. MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal At-Tasyrih, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 17-42, mar. 2019. ISSN 2461-0410. Available at: <http://ejournal.stai-muarabulian.ac.id/index.php/Attasyrih/article/view/138>. Date accessed: 19 may 2019.