MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF ANAK USIA DINI MELALUI MODEL“WEBBING” BERBASIS SENI

  • Herwina Dewi Librianty STAI Muara Bulian

Abstract

Pembelajaran yang berorientasi kepada kreativitas sangat penting dilakukan pada periode masa emas (golden ages) karena dipercaya akan tetap membekas sampai akhir kehidupan. Menurut Mirgheydari (2001) karakter kreatif yangdimulai sejak masa kanak-kanak akan menjadi stabil selama masa remaja.Pernyataan ini juga didukung oleh Glaveanu(2011) bahwa anak-anak adalah perwujudan nyata kreativitas manusia itu sendiri.  Selain kreativitas, aspek seni juga sangat dibutuhkan hampir di setiap bidang kehidupan, seperti ekonomi, kesehatan, politik, budaya, sosial, dan lain sebagainya. Semua bidang ini memerlukan kreativitas sekaligus seni yang berfungsi dalam pemecahan masalah yang timbul, agar dapat berubah menjadi lebih baik dan memiliki nilai.Pengertian seni dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang, seni memiliki banyak makna, salah satunya yaitu “Seni merupakan pengekspresian cita rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik” . Ki. Hadjar Dewantara mendefinisikan Seni sebagai segala perbuatan manusia yang timbul dan bersifat indah, menyenangkan dan dapat menggerakan jiwa manusia. Seni pun terdiri dari seni tari, seni musik dan juga seni rupa. Melalui aspek seni dapat membangun kreatifitas anak usia dini. Tujuan penulisan  Jurnal  ini adalah untuk memberikan wawasan kepada pembaca tentang model pembelajaran terpadu berbasis seni untuk pengembangan karakter kreatif pada anak, yang meliputi:Hakikat Pendidikan Karakter, Butir-butir Karakter pada Anak Usia Dini, Karakter Kreatif, Indikator Karakter Kreatif pada Anak Usia Dini, Tahap-tahap Perkembangan Karakter Kreatif, Model Pembelajaran Terpadu Webbing, Karakteristik Model Pembelajaran Terpadu Webbing, Implementasi Model TerpaduWebbing dalam Pengembangan Karakter Kreatif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Seni dan Skenario Kegiatan.

References

Aqib, Zainal dan Sujak (2011), Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter (Bandung: Yrama Widia)
Craft Anna (2004). Me-Refresh Imajinasi dan Kreativitas Anak. (Cerdas Pustaka. Depok)
Dodge Diane Trister, Colker Laura J, Heroman Cate, Bickart Toni S (2009). The Creative Curriculum for Preschool. (Teaching Strategies. Washington Dc)
Hurlock Elizabeth B (1978). Perkembangan Anak. (Erlangga. Jakarta)
Jamaris, Martini (2013). Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Ghalia Indonesia)
Mathews, Louis De Vries dan Jean Crawford. (1989). Learning through an Integrated Curruculum: Approach and Guidelines. Victoria: Ministry of Education.
Megawangi, Ratna (2009)Pendidikan Karakter (Bogor: Indonesia Heritage Foundation)
Munandar Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta. 2004.
Semiawan, Cony (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. ( Jakarta: Grasindo)
Trianto (2010) Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Woolfolk Anita (2009). Education Psychologi Active Learning Edition. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Aqib, Zainal dan Sujak (2011), Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter (Bandung: Yrama Widia)
Craft Anna (2004). Me-Refresh Imajinasi dan Kreativitas Anak. (Cerdas Pustaka. Depok)
Dodge Diane Trister, Colker Laura J, Heroman Cate, Bickart Toni S (2009). The Creative Curriculum for Preschool. (Teaching Strategies. Washington Dc)
Hurlock Elizabeth B (1978). Perkembangan Anak. (Erlangga. Jakarta)
Jamaris, Martini (2013). Orientasi dalam Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Ghalia Indonesia)
Mathews, Louis De Vries dan Jean Crawford. (1989). Learning through an Integrated Curruculum: Approach and Guidelines. Victoria: Ministry of Education.
Megawangi, Ratna (2009)Pendidikan Karakter (Bogor: Indonesia Heritage Foundation)
Munandar Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta. 2004.
Semiawan, Cony (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. ( Jakarta: Grasindo)
Trianto (2010) Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Woolfolk Anita (2009). Education Psychologi Active Learning Edition. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Published
2018-10-01
How to Cite
LIBRIANTY, Herwina Dewi. MENUMBUHKAN KARAKTER KREATIF ANAK USIA DINI MELALUI MODEL“WEBBING” BERBASIS SENI. JISEC (Journal Of Islamic Studies for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 17-45, oct. 2018. ISSN 2620-4215. Available at: <http://ejournal.stai-muarabulian.ac.id/index.php/JISEC/article/view/112>. Date accessed: 17 july 2019.