PEMBELAJARAN AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (STUDI DI LEMBAGA PAUD SE- BATANGHARI)

  • Marzani Marzani STAI Muara Bulian
  • Muhammad Yusup STAI Muara Bulian

Abstract

Salah satu aspek pendidikan agama yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini sebagai pedoman dasar kehidupannya di dunia dan di  akhirat adalah membaca Al-Qur’an. Pendidikan Pembelajaran Al-Qur’an pada dasarnya bisa dilakukan dengan bermacam-macam metode. Seperti metode Iqra’, metode Tartil, metode Al-Baghdadi dan lain-lain. Pemilihan metode dan strategi yang baik, praktis, efektif dan efisien dapat meningkatkan keberhasilan suatu program pengajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengambilan data bersumber dari data observasi, interview dan dokumentasi yang dilakukan di lembaga PAUD se- Kabupaten Batanghari. Hasil penelitian ini pelaksanaan pembelajaran al Qur’an AUD se- Kabupaten Batanghari dengan menggunakan metode iqro’. metode ini dalam prakteknya tidak membutuhkan alat yang bermacam-macam, karena ditekankan pada bacaannya (membaca huruf Al-Qur'an dengan fasih). Bacaan langsung tanpa dieja. Metode ini di dalamnya mengandung metode campuran dengan mengedepankan prinsip pembelajaran yang lebih efektif dan efesien.


 

References

Humam, As’ad. 1994. Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus “AMM”.
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Semarang: Bumi Aksara.
Humam, As'ad, 1990, Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis, AMM, Yoyakarta
Darajat, Zakiyah, dkk,1996, Metodik Kusus Pengajaran Agama islam, Aksara,
Jakarta.
Published
2018-10-01
How to Cite
MARZANI, Marzani; YUSUP, Muhammad. PEMBELAJARAN AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (STUDI DI LEMBAGA PAUD SE- BATANGHARI). JISEC (Journal Of Islamic Studies for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 63-73, oct. 2018. ISSN 2620-4215. Available at: <http://ejournal.stai-muarabulian.ac.id/index.php/JISEC/article/view/123>. Date accessed: 17 july 2019.