KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ISLAM

  • Amrindono Amrindono UIN STS Jambi

Abstract

Pendidikanan anak usia dini dalam islam adalah sebagai  pondasi yang sangat penting, cerminanan hidup manusia kelak di hari dewasa bisa diprediksi dari aktivitas belajar anak muslim diwaktu kecil yang laksana mengukir diatas batu apapun yang mereka pelajari dan lakoni diwaktu kecil itulah yang direalisasikan mereka dewasa kelak. Masa emas hendaknya tidak sia-sia apabila orang dewasa disekeliling memperhatikan aktivitas anak serta dapat mengatur dan mengarahkan kejalan positif dalam islam jauh sebelum perkembangan ilmu pengetahuan rasulullah sudah menggambarkan setiap anak yang terlahir dalam keadaan fithrah dan orang tuanyalah yang menjadikan mereka nasrani, yahudi ataupun majusi apabila kurang perhatian orang tua terhadap akidah dan pengamalan yang sesuai dengan apa yang diamalkan rasulullah maka kelak deimasa dewasanya akan mudah goyah dalam mengmalkan agama Allah.(Tidak istiqamah)

References

Abu Ahmadi dan Munawar Soleh, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)
Ahmad Muhammad Syakir, Shahih Bukhari Jilid I (Bairut: Dar Al-Hadits, tt)
Alberta, Kindergarten Program Statement, ( Canada : Fran Kizer, 2008)
Anomin, Al-Qur’an dan Terjemahannya,(Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an), (Jakarta: Departemen Agama RI,2003)
Ali Nugraha, Badru Zaman & A. Sy.Dina Dwiyana, Program Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat, ( Jakarta: Universita Terbuka, 2010)
Depdikbud, Kamus besar bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai pustaka, 2010)
Ihsana El-Khuluqo, Manajemen PAUD,(Pendidikan Anak Usia Dini), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)
Isjoni , Model Pembelajaran Anak Usia Dini, (Bandung : Alfabeta, 2011)
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Semarang : PT. Karya Toha Putra, 2005)
Ki Fudyartanta, psikologi Perkembangan, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012)
Martinis Yamin & Jamilah Sabri Sanan, Panduan PAUD,(Jakarta:Gaung Persada Press Group, 2013)
Martinis Yamin & Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, ( Jakarta: GP Press, 2010)
Montolalu,dkk, Bermain dan Permaianan Anak ( Jakarta : Universitas Terbuka, 2009)
Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan, Panduan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ( Jakarta: Gaung Persada Press, 2010)
Maimunah Hasan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ( YogayaKarta: Anggota IKAPI, 2010)
Moeslihatoen, Metode Pengajaran pada Taman Kanak-Kanak, (Jakarta : Rieneke Cipta,2004)
Masnipal, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, (Jakarta: PT.Gramedia, 2013)
Novan Ardy Wiyani, Manajemen PAUD Bermutu , ( Yogyakarta: Gava Media, 2015)
Novan Ardy Wiyani, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini,( Yogyakarta : Gava Media, 2014)
Slamet Suyanto, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini,(Yogayakarat: Hikayat Publishing, 2005)
Saiful Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung : Alfabeta, 2009)
Samsul Nizar, Dasar-dasar Pemikiran anak, (Bogor: Al-Inabah, 2006)
Saiful dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, (Jakarta:Quantum Teaching, 2005)
Syamsul Yusuf dan Nani M. Sughandi, Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet-2, 2011)
Sudarwan Danim, Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: Alfabeta, 2010)
Sunarto dan B. Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: Rineka Cipta, Cet-4, 2008)
Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,(Jakarta :PT. Indeks, 2009)
Published
2018-10-01
How to Cite
AMRINDONO, Amrindono. KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ISLAM. JISEC (Journal Of Islamic Studies for Early Childhood), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 74-91, oct. 2018. ISSN 2620-4215. Available at: <http://ejournal.stai-muarabulian.ac.id/index.php/JISEC/article/view/126>. Date accessed: 17 july 2019.