PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

  • Dodi Harianto STAI Muara Bulian

Abstract

Moral decadence today is truly alarming. Where, these days we hear a lot of complaints of parents, the community and the government, with regard to the act of children's behavior that seems far from the attitude - an attitude that is taught by religion, such as unruly, mischievous, stubborn, likes to do mischief, promiscuity, smoke, brawl and so forth. Worry or anxiety experienced by parents and the community to the development and growth of children they are quite reasonable, considering the influence of the flow of information not only obtained through print media, electronic media (internet, handpone and television), which affects the development and growth of children, especially about emotions and social. The media presence is considered to give a tremendous impact in shaping the attitudes of children, who otherwise carefully the impact of a given lot of downside when the moral values of Islam used as size. This paper will explore the role of teachers in the development of religious values to children kindergarten


Dekadensi moral dewasa ini sudah benar-benar mengkhawatirkan. Dimana, belakangan ini kita banyak mendengar keluhan orang tua, masyarakat dan pemerintah, berkenaan dengan ulah perilaku anak-anak yang terlihat jauh dari sikap – sikap yang diajarkan oleh agama, seperti sukar dikendalikan, nakal, keras kepala, suka berbuat keonaran, pergaulan bebas, merokok, tawuran dan sebagainya. Kekhawatiran atau kecemasan yang dialami oleh orang tua dan masyarakat terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak mereka cukup beralasan, mengingat pengaruh perkembangan arus informasi tidak hanya diperoleh melalui media cetak, media elektronik (internet, handpone dan televisi), yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak terutama tentang emosi dan sosialnya. Keberadaan media tersebut dianggap memberikan dampak yang luar biasa dalam membentuk sikap anak, yang kalau tidak hati-hati dampak yang diberikan banyak sisi negatifnya bila nilai-nilai ajaran agama Islam dijadikan ukurannya. Tulisan ini akan mengekplorasi peran guru dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan terhadap anak-anak taman kanak-kanak.

References

Abuddin Nata,2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group,
Chaerul Rochman, 2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung: Nuansa Cendikia
Desy Anwar, 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: Ameliya Surabaya
M Arifin, 1993, Filsafat Pemikiran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
M. Athiyah al-Abrasyi, 1970, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan, 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Gaung Press.
Suyadi, 2010. Psikologi Belajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik .Jakarta: Rineka Cipta
Zakiah Daradjat, 1992. Dasar-dasar Agama Islam .Jakarta:
Published
2017-03-01
How to Cite
HARIANTO, Dodi. PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. Jurnal At-Tasyrih, [S.l.], v. 1, n. 2, mar. 2017. ISSN 2461-0410. Available at: <http://ejournal.stai-muarabulian.ac.id/index.php/Attasyrih/article/view/16>. Date accessed: 25 june 2018.
Section
Articles